Rabu, 02 Juni 2010

Pengetahuan Bahan

1.1 Pengujian Logam
Proses pengujian logam adalah proses pemeriksaan bahan-bahan untuk diketahui sifat dan karakteristiknya yang meliputi sifat mekanik, sifat fisik, bentuk struktur, dan komposisi unsur-unsur yang terdapat di dalamnya. Adapun proses pengujian dikelompokkan ke dalam tiga kelompok metoda pengujian, yaitu :
1. Destructive Test (DT), yaitu proses pengujian logam yang bisa menimbulkan kerusakan logam yang di uji.
2. Non Destructive Test (NDT), yaitu proses pengujian logam yang tidak bisa menimbulkan kerusakan logam atau benda yang di uji.
3. Metallography, yaitu proses pemeriksaan logam tentang komposisi kimianya, unsur-unsur yang terdapat didalamnya, dan bentuk strukturnya.

1.2 Percobaan Uji Kekerasan Logam
Proses pengujian kekerasan dapat diartikan sebagai kemampuan suatu bahan terhadap pembebanan dalam perubahan yang tetap. Artinya, ketika gaya tertentu diberikan pada suatu benda uji, dan karena pengaruh pembebanan tersebut benda uji mengalami proses deformasi, seberapa besar tingkat kekerasan dari bahan tersebut dapat dianalisis dari besarnya beban yang diberikan terhadap luas bidang yang menerima pembebanan tersebut.
Percobaan kekerasan (Hardness Test) yang akan dilakukan adalah percobaan kekerasan dengan cara mekanis statis (bukan mekanis dinamis) dan itu meliputi cara Rockwell, Brinell, dan Vickers. Ketiga cara ini didasarkan pada cara penekanannya (indentation) suatu benda yang tidak terdeformasi ke dalam permukaan logam yang diuji (specimen) kekerasannya. Sehingga terjadi uatu bekas penekanan (lekukan) yang kemudian dijadikan dasar untuk penilaian kekerasannya.

1.3 Pengujian Metallografi.
Ilmu logam dibagi menjadi dua bagian khusus, yaitu metalurgi dan metalografi, Metalurgi adalah ilmu yang menguraikan tentang cara pemisahan logam dari ikatan unsur-unsur lain, atau cara pengolahan logam secara teknis untuk memperoleh jenis logam atau logam paduan yang memenuhi kebutuhan tertentu. Sedangkan Metalografi adalah ilmu yang mempelajari tentang cara pemeriksaan logam untuk mengetahui sifat, struktur, temperatur, dan persentase campuran logam tersebut. Pengertian lain tentang pengujian metalografi berdasarkan modul praktikum dari laboratorium yaitu Metalografi adalah suatu pengetahuan khusus mempelajari struktur logam dan mekanisnya.
Daalm metalografi dikenal pengujian makroskopi (Macroscope Test) dan pengujian mikroskopi (Microscope Test). Pengujian makro atau makroskopi (Macroscope Test) ialah proses pengujian bahan yang menggunakan mata terbuka atau memakai kaca pembesar dengan tujuan dapat memeriksa celah dan lubang dalam permukaan bahan. Angka ke validan pengujian makro berkesar antara 0,5 hingga 50 kali. Pengujian dengan cara ini biasanya digunakan untuk bahan-bahan yang memilik struktur kristal yang tergolong besar dan kasar. Misalnya logam hasil coran (tuangan) dan bahan yang termasuk non metal (bukan logam).
Sedangkan pengujian mikro atau mikroskopi (Microscope Test) ialah proses pengujian terhadap bahan logam yang bentuk kristal logamnya tergolong sangat halus. Maka pada pengujian ini perlu digunakan kaca pembesar lensa mikroskop yang memiliki kualitas pembesaran antara 50 hingga 3000 kali.

1.4 Pengujian Impact.
Mesin uji bentur atau impact adalah mesin uji untuk mengetahui harga impak suatu bahan yang diakibatkan oleh gaya kejut pada bahan uji tersebut. Tipe dan bentuk konstruksi mesin uji bentur beranekaragam mulai dari jenis konvensional sampai dengan sistem digital yang lebih maju.
Dalam pembebanan statis dapat juga terjadi laju deformasi yang tinggi kalau bahan diberi tarikkan, makin tajam tarikkan makin besar deformasi yang terkonsentrasi pada tarikkan, yang memungkinkan meningkatkan laju regangan beberapa kali lipat.
Patah getas menjadi permasalahan penting pada baja dan besi. Pengujian Impact Charpy banyak dipergunakan untuk menentukan kualitas bahan. Benda uji takikan berbentuk V yang mempunyai keadaan takikan 2 mm banyak dipakai.

1 komentar:

  1. boy...ada materi tnentang impact test nggak???boleh di share dunk...lagi butuh buat presentasi neh...thanks kalo ada..kirim ke email ane ya aizalesia@gmail.com...
    thanks bro...ane tunggu ampe selasa, akhir septembe ini...suwun

    BalasHapus